...Selamat Datang di Website Resmi Gereja St. Ignatius Paroki Administratif Krapyak - Semarang, Media Informasi Umat dan Gereja. Alamat Jl. Subali No 8 Krapyak-Semarang. Silahkan krim artikel, saran dan kritik ke komsos_st_ignatius[at]yahoo[dot]co[dot]id..

Jumat, 26 Agustus 2011

Pesta Nama Gereja St. Ignatius Krapyak



“Hari ini merupakan hari istimewa bagi gereja Santo Ignatius, Santo Pelindung gereja Stasi Krapyak, sekaligus peresmian para sepuh paguyuban Adi Yuswa St Ignatius dan bertepatan pula dengan pesta peringatan Santa Perawan Maria diangkat ke surga,” demikian disampaikan oleh Romo RH Harda Putranto SJ, pada awal pengantar perayaan ekaristi yang dipimpinnya, Minggu (9/8).
Seluruh rangkaian misa dalam hal ini kepanitian terdiri para sepuh mulai dari petugas lektor, koor, persembahan, dan tata tertib, karena pada hari istimewa tersebut para sepuh yang tergabung dalam paguyuban Adi Yuswa St Ignatius dilantik oleh romo. Mereka para sepuh memperoleh tanda khusus yang harus dipasang di dada sebelah kiri, saat memasuki gereja.
           
Menurut romo Harda, prakarsa pembentukan paguyuban itu hasil gagasan para pengurus gereja, bulan April lalu dihadiri sekitar 150 umat. “Kita bersyukur dengan adanya paguyuban ini, tidak hanya kaum muda yang sungguh mendapat tempat di stasi untuk berguyub berorganisasi, tetapi juga para sepuh sebagai ajang segala prakarsa dalam menghidupkan kehidupan umat di gereja stasi Krapyak ini,” jelas romo Harda pada 6 September 2009 lalu bertugas di tempat di Kota Baru, Yogyakarta.
           Lanjut romo, para sepuh (para lansia) tidak pernah dilupakan gereja, bahkan mereka ini berperan penting dalam gereja, para lansia menjadi soko guru yang melestarikan nilai-nilai kehidupan beriman yang hidup, merekalah yang harus berjuang melestarikan kehidupan menggereja, maka selayaknya mereka mendapat tempat kehidupan umat kita semua.
            Di bagian lain pada homilinya, romo menyatakan perayaan ekaristi yang juga merupakan peringatan pesta Maria diangkat ke surga, mengingatkan kita dimana Maria adalah gadis yang sederhana yang membuka hati untuk karya Allah dan Allah mengangkat dia yang berperan dalam karya agungnya untuk menyelamatkan dunia.
            Pesta Maria diangkat ke surga tidak lain pesta diterimanya Maria dan semua umat manusia beriman yang menghayati hidup untuk menjalankan kehendak Allah yaitu penyelematanNya, yang hina dina diangkatNya, dimuliakan, yang miskin diberikan kelimpahan kebaikan dan semua tantangan dunia dengan itu dirubah oleh Allah sendiri. Pesta yang memberikan harapan bahwa kita diterima secara penuh dalam kemuliaan di surga bila kita ikut menjalankan rencana Tuhan, jelas romo yang lantang sekali dalam setiap homilinya.
            Pelantikan paguyuban Adi Yuswo dilakukan usai homili dengan peneguhan dan mengucapkan janji di hadapan Allah menirukan romo, selanjutnya diresmikan dengan percikan air suci kepada para pengurus paguyuban.
            Sementara itu ketua panitia, Ch Kusmiharjo, saat ditemui Warta Kaum Muda usai misa, mengatakan bahwa peringatan pesta nama yang seharusnya jatuh pada 31 Juli 2009 namun diundur karena harus menyesuaikan waktu dengan romo Harda yang memimpin misa dan dilaksanakan pada 9 Agustus 2009.
            Lanjut Kusmiharjo, gereja pada umumnya memiliki tiga potensi besar, yakni yang tua, kemudian usia 35-55 tahun, dan terakhir Mudika. Dalam hal ini mereka yang tua (para sepuh) tampaknya masih berpotensi besar, sehingga semangat para sepuh ini dalam pembinaan iman gereja bisa ditularkan atau dikembangkan kepada yang muda.
            Paguyuban Adi Yuswo juga telah mengadakan rekoleksi dan misa dipimpin oleh romo Harda, Sabtu (5/9), dan keesokan harinya pengurus gereja, ketua wilayah, pamong lingkungan dan perwakilan umat turut menghantar kepindahan romo Harda ke tempat tugas yang baru, yakni ke Kota Baru Yogyakarta.
            Peringatan pesta nama Santo Ignatius Pelindung Gereja Stasi Krapyak diadakan secara sederhana dengan acara pesta nasi kuning diikuti oleh 19 lingkungan, pemeriksaan kesehatan gratis, donor darah, dan pertandingan futzal (diikuti mudika dan bapak-bapak).  

cucut

0 comments:

Posting Komentar

 
Modified by Team Komsos | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls