...Selamat Datang di Website Resmi Gereja St. Ignatius Paroki Administratif Krapyak - Semarang, Media Informasi Umat dan Gereja. Alamat Jl. Subali No 8 Krapyak-Semarang. Silahkan krim artikel, saran dan kritik ke komsos_st_ignatius[at]yahoo[dot]co[dot]id..

Kamis, 08 Maret 2012

Pentingnya Peran Orangtua Dalam Pendampingan Iman Anak

BEBERAPA waktu lalu Tim Kerja Pendampingan Iman Anak (PIA) mengadakan rekoleksi ke Gua Maria Ibu Talanging Sih, Kapel Kristus Raja Paroki Keluarga Kudus Atmodirono Semarang. Kegiatan rekoleksi ini baru kali pertama diadakan di luar Stasi Krapyak. Menurut Cicilia Twi Sri Wahyuni, salah satu pembimbing PIA menjelaskan berkaitan dengan kegiatan rekoleksi PIA, bahwa adanya kerinduan PIA untuk bisa memiliki dan mengalami nuansa lain dalam usaha perkembangan iman mereka, disamping itu keinginan mendapatkan variasi kegiatan, sehingga anak-anak aktif dalam kegiatan PIA.
Para pembimbing ingin mengajak para memandu yang berjudul Pelangi Kasih. Tim pendamping sendiri terdiri dari berbagai profesi, mereka ada yang berprofesi guru dan karyawan, sehingga setiap memandu anak-anak mereka saling kompak dalam memandu, bantu membantu karena namanya juga anak-anak para pembimbing butuh kesabaran dalam membimbing mereka.

Saat ditanya, sehubungan dengan sarana dan prasarana seperti tempat dan alat peraga yang sangat minim, tim pendamping tetap berjuang apa adanya sebagai tugas pelayanan. Walaupun para pendaping bukan berlatar belakang sebagai pendamping PIA, namun mereka tetap berusaha untuk tetap bisa menjalankan tugasnya dengan keterbatasan dengan sarana dan prasana tadi. Selain sarana dan prasarana, juga keterbatasan dana kegiatan PIA, walaupun PIA memiliki dana dari gereja, namun para pendamping kadang juga mengeluarkan dana sendiri yang bersifat untuk kebutuhan PIA.

Para pendamping ini bersyukur dan berterima kasih kepada pengurus Stasi, karena adanya perhatian dan dukungan dana, terutama kegiatan rekoleksi tersebut (outdoor). Tenaga pendamping saat ini ada 6 orang, sementara yang aktif ada 4 orang, karena 2 orang mempunyai balita, jadi belum bisa aktif mendampingi mereka. Keinginan untuk memiliki tempat yang tidak mudah terganggu adalah impian para pendamping. Saat ini kegiatan sekolah minggu dilaksanakan di depan altar, sementara tempat tersebut tidak untuk satu kegiatan sekolah minggu saja, seperti misal ada kegiatan pernikahan, mereka harus menghentikan kegiatan. Harapannya ke depan, kerinduan untuk ini bisa memiliki sarana dan prasarana kegiatan PIA (sekolah minggu) dapat segera terwujud, seperti tempat kegiatan dan alat peraga.
Selain itu, adanya kesadaran bagi umat agar anak-anaknya dilibatkan pada kegiatan PIA atau sekolah minggu, karena kegiatan sekolah minggu sebagai awal kegiatan hidup beriman bagi anak-anak ke depan. Ketika disinggung mengenai kehidupan beriman anak-anak dengan gereja-gereja lain, karena masih sering dijumpai anak-anak saat misa ada yang bermain di luar gereja, bahkan mereka hanya menerima berkat saja dan tidak dilibatkan untuk mengikuti misa. Pendidikan iman anak tumbuh dan berkembang sejak usia dini. Menurut ibu Twi, panggilan sehari-hari, kegiatan misa merupakan pengkondisian awal anak mengenal tradisi hidup beriman di gereja dan tradisi hidup beriman di gereja itu adalah sepanjang masa.
Hal itu dimaksudkan untuk membiasakan anak-anak selalu teringat bahwa sejak usia dini sudah dibiasakan ikut misa bersama orangtuanya, sehingga iman mereka sudah terbentuk dan orangtua bertanggung jawab untuk ikut serta mendampingi anak-anak dalam perayaan ekaristi. "Anak-anak PIA atau sekolah minggu gereja St Ignatius selalu dilibatkan dalam peragaan dan persembahan pada Misa Natal Keluarga dan Minggu Paskah," jelas ibu Twi yang saat ini masih aktif mengajar di SD Bunda Hati Kudus, Graha Padma Semarang. Sementara itu pada kegiatan rekoleksi anak-anak mengikuti kegiatan tersebut, ternyata orangtua yang mengantar tidak sekedar mendampingi tetap mereka juga dilibatkan untuk mengikuti sharing keluarga yang dipandu oleh Polius Lombu.

 
Modified by Team Komsos | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls